Fakultas Teknik
Universitas Kristen Surakarta

Teknik Lingkungan

"Better Environment for Better Living"


Pendahuluan.
Menurut Bank dunia (World Bank) Indonesia sebagai salah satu negara berkembang di dunia dengan mempunyai jumlah penduduk cukup besar, memiliki 3 (tiga) masalah utama lingkungan yang perlu segera ditangani yaitu:
• Masalah kerusakan hutan ( illegal logging dan illegal timber trade)
• Masalah kualitas sungai (pencemaran sungai dari limbah industri dan rumah tangga).
• Masalah kualitas udara (pencemaran udara dari kegiatan industri, kendaraan bermotor, rumah tangga dan pembakaran hutan).

Untuk mengatasi masalah lingkungan tersebut, pemerintah Indonesia telah memiliki konsep Pembangunan Berkelanjutan (Sustainaible Development) yaitu program dan strategi nasional tentang pengelolaan lingkungan di Indonesia yang dikenal dengan Dokumen agenda 21 Indonesia yang meliputi:
• Pelayanan masyarakat
• Pengelolaan limbah
• Pengelolaan sumber daya tanah
• Pengelolaan sumber daya alam
Untuk mengimplementasikan dokumen agenda 21 Indonesia ini, perlu menyiapkan sumber daya manusia yang handal dan profesional yang memiliki kualitas keilmuan yang handal dalam rekayasa teknologi lingkungan.
Salah Satu perguruan Tinggi yang memiliki kepedulian dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia yang handal dalam rekayasa teknologi lingkungan adalah Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Kristen Surakarta (UKS).

1. Visi dan Misi Jurusan Teknik UKS
Visi:
Program Studi Teknik Lingkungan UKS pada tahun 2018 berupaya menghasilkan Sarjana Teknik Lingkungan yang berkualitas, bermoral, kritis dan mampu mengatasi masalah lingkungan baik masa kini dan akan datang, memiliki idealisme yang tinggi, memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan serta mempunyai motivasi yang tinggi untuk mengikuti perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi lingkungan, mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Misi:
a. Mencetak sarjana Teknik Lingkungan UKS yang berkualitas, berdaya saing tinggi, cakap dan mandiri serta mampu mengembangkan diri untuk menjawab tantangan kebutuhan Tenaga ahli lingkungan dan pembangunan bangsa serta mampu berkompetisi di dalam era globalisasi.
b. Menghasilkan temuan-temuan penelitian yang berkualitas dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lingkungan untuk menjawab permasalahan yang bertaraf lokal dan Nasional
c. Menghasilkan karya-karya pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas didasarkan pada penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lingkungan dan pemberdayaan segenap warga masyarakat

2. Arah Pengembangan/Keunggulan
Keunggulan
Lulusan Program Studi Teknik Lingkungan UKS memiliki keunggulan dalam hal :
a. Pengelolaan dan Pengolahan Air limbah
b. Pengelolaan dan Pengolahan Air Minum
Mengapa ditonjolkan dua bidang spesialisasi ini, karena masalah air limbah dan air minum masih merupakan persoalan utama di eks Karasidenan Surakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya, dimana kedua keahlian tersebut oleh pemerintah bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia.

Kompetensi pendukung lulusan
Lulusan Teknik Lingkungan UKS dibekali oleh beberapa kompetensi pendukung lulusan ketika akan memasuki pasar kerja di Indonesia yaitu:
a. Kemampuan mendisain rancang bangun. Dengan memiliki keahlian dalam merancang disain unit operasi dan proses dalam bidang profesi Teknik Lingkungan, maka lulusan Teknik Lingkungan UKS mampu menjawab kebutuhan tenaga ahli lingkungan didalam memecahkan berbagai persoalan lingkungan di Indonesia. Untuk itu mereka perlu dibekali oleh berbagai software dalam kegiatan kuliah mereka misalnya AutoCad, Epanet 2.0, WaterCad, MS Ofice, SPSS, MS Visio Drawing.
b. Kemampuan Bahasa Asing (Bahasa Inggris). Tantangan didalam memasuki pasar kerja di Indonesia salah satunya adalah kurangnya kemampuan menguasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris.Untuk itu lulusan Teknik Lingkungan UKS harus memiliki kemampuan bahasa asing sebagai nilai tambah dan juga sebagai bekal mereka jika melanjutkan studi S2 dan S3 didalam maupun diluar negeri.
c. Pengalaman bekerja di Instalasi Pengolahan air minum dan air limbah, system plambing gedung, jaringan pipa air bersih PDAM, jaringan pipa air buangan.Melalui kegiatan kerja praktek, anjang karya dan tugas akhir pada berbagai instalasi tersebut, lulusan Teknik Lingkungan UKS siap untuk masuk pasar kerja di Indonesia.
d. Memiliki kepribadian yang kuat dalam memasuki pasar kerja, dengan berlandaskan pada dua hal yaitu Takut akan Tuhan (Tinggi Iman) dan Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lingkungan (Tinggi Ilmu).

Kompetensi pilihan lulusan Teknik Lingkungan UKS
Selain kompetensi utama diatas kompetensi pilihan lulusan Teknik Lingkungan UKS adalah :
a. Pada bidang Pengelolaan dan pengolahan sampah.
Masalah persampahan di Indonesia masih merupakan masalah nasional dan belum ditangani dengan benar, baik dalam hal manajemen maupun teknologi yang digunakan. Oleh karena itu, perlu disiapkan tenaga ahli yang siap untuk menangani masalah ini. Peluang dan kesempatan ini ditindak lanjuti oleh Program Studi Teknik Lingkungan dengan menyiapkan lulusan yang siap untuk menangani persoalan sampah di Indonesia.
b. Bidang Konservasi Lingkungan
Masalah konservasi lingkungan di Indonesia merupakan masalah serius, terutama konservasi sumber daya air (sungai, danau, waduk, mata air) dan konservasi sumber daya alam lainnya yaitu hutan, pesisir pantai, tambang, minyak bumi dan gas, serta laut. Program studi Teknik Lingkungan UKS telah menyiapkan tenaga pendidik (dosen) dan kurikulum untuk menghasilkan sarjana Teknik Lingkungan UKS yang mampu menangani masalah konservasi alam di Indonesia.


3. Program Yang Tersedia
Program yang tersedia di Jurusan Teknik Lingkungan UKS antara lain: AutoCad, Epanet 2.0, WaterCad, MS Office, SPSS, MS Visio Drawing, Statgraphis, ArchiCad. Program-program ini disiapkan untuk memberikan dasar-dasar dan keahlian dalam mendukung kemampuan mahasiswa Teknik Lingkungan UKS dalam memasuki memasuki pasar kerja di Indonesia.

4. Fasiltas
Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Kristen Surakarta, sesuai Visi dan Misinya bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli lingkungan yang berkualitas dalam menangani masalah lingkungan di Indonesia
Fasilitas dan kegiatan yang dimiliki oleh jurusan Teknik Lingkungan Universitas Kristen Surakarta adalah:
• Studio gambar (praktek menggambar/mendisain bangunan pengolahan air minum dan air limbah, system plambing gedung, system jaringan perpipaan air minum/air limbah).
• Laboratorium komputer (aplikasi komputer/teknologi Informasi dalam bidang profesi teknik lingkungan)
• Laboratorium lingkungan (kegiatan praktikum dalam skala/model laboratorium)
• Laboratorium outdoor (mahasiswa melakukan studi lapangan pada instalasi pengolahan air limbah dan air minum di PDAM Kota Surakarta).
• Ruang kuliah dilengkapi dengan LCD monitor, sehingga kegiatan perkuliahan dapat berjalan dengan baik, sistematis dan menarik.
• Perpustakaan, berisi buku-buku referensi yang akan dipergunakan dalam kegiatan perkuliahan.
• Beasiswa dari: Jurusan Teknik Lingkungan UKS untuk mahasiswa berprestasi dan tidak mampu, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) VI Semarang, Gereje pendiri dan pendukung, Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), Yayasan Beasiswa Oikumene (YBO) dan SUPERSEMAR.

5. Staff Pengajar
Staff Pengajar Jurusan Teknik Lingkungan UKS memiliki keahlian sesuai dengan jenis Mata Kuliah yang diampuh, yang akan memberikan transformasi ilmu kepada mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan UKS, sehingga mereka nantinya mempunyai keahlian dalam bidang profesi Teknik Lingkungan, yang dapat diandalkan ketika memasuki pasar kerja di Indonesia.

No Nama Dosen
1 Prof Dr.Herman J Waluyo
2 Pdt. Ds.Edi Trimodo Roempoko,STh
3 Retno Palupi,Ssi,M.Si
4 Ir.Sulastoro Romanus Ignatius.M.Si
5 Ir. Muljadi,M.Si (*)
6 Edy HerdyantoSH,MH
7 Dra.Tri Martini M.Si
8 Ir. Anna Maria Florentina Subratayati MT (*)
9 Kristanto, S.Pd
10 Ir. Tuwuh Tukadi
11 Ir JB. Sunardi Widjoyo
12 Dra Sri Rossati M.Si
13 Ir. Tjahja Nugroho
14 DR. Ir.Timotius Haryono,M.Div
15 SM Santi S.Kom (*)
16. Elvis Umbu Lolo,ST.,MT
17. Tontje Tnunai,ST
18. Parwoto,ST
19. Firiyanti Kusumawardani,ST.,M.Pd
20. Sri Mulatsih ST
21. Dina Ardia Damarsih,ST

6 Study Group
Studi group yang dimiliki oleh Jurusan Teknik Lingkungan UKS yaitu:
a. Kelompok Studi Lingkungan “OZON”.
Dengan kelompok studi lingkungan OZON ini mahasiswa TL UKS saling berinteraksi dan tukar menukar informasi, berdiskusi tentang berbagai persoalan lingkungan di Surakarta dan di Indonesia dan menuangkannya dalam bentuk tulisan-tulisan.
Kegiatan yang dilakukan antara lain: Melakukan kunjungan lapangan pada instalasi pengolahan air limbah dan air minum.
Dengan kegiatan ini mahasiswa TL UKS dapat mengembangkan kemampuan menganalisa dan menyelesaikan persoalan dalam pengelolaan dan pengolahan lingkungan yang akan dihadapinya.
Pelaksanaannya pada waktu liburan semester.
Hasilnya, kepedulian terhadap kelestarian alam dan memberikan dasar–dasar pemahaman tentang proses fisika, kimia dan biologi dalam pengolahan air limbah dan air minum
b. Badan Eksekutip Mahasiswa (BEM)
c. Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA)
d. Paduan Suara
e. Kegiatan Kerohanian

7. Kerja Sama
Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Kristen Surakarta menjalin kerja sama dengan:
• Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI)
• Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia (BK PTKI)
• 9 Gereja pendiri dan 23 Gereja pendukung.
• PDAM Kota Surakarta
• SMU Kristen I Surakarta, SMU Kristen 2 Surakarta, SMU Kristen Widya Wacana Surakarta, dan SMK Kristen Surakarta
• PT Radio Imanuel Solo